Aneka Macam Bahan Pewarna Makanan Alami

Aneka Macam Bahan Pewarna Makanan Alami – Sebagaimana yang telah kita ketahui dunia makanan berkembang pesat karena program diversifikasi makanan. Ditengah-tengah kampanye mengenai bahan makanan dalam negeri untuk menyelamatkan ketahanan pangan lokal, masyarakat pun mulai waspada dengan produk-produk makanan buatan pabrik. Salah satunya bahan pewarna yang digunakan pada makanan. Banyaknya produk bahan pewarna yang mencantumkan lisensi dari BPOM ataupun halal dari MUI membuat orang yakin bahwa bahan pewarna yang digunakan aman untuk dikonsumsi. Tapi apakah pewarna tersebut tidak akan memberikan dampak yang nyata bagi kesehatan tubuh? Itulah yang harus diwaspadai karena dampak pemakaian bahan pewarna makanan tidak dapat dilihat dalam jangka pendek. Apalagi jika terus dikonsumsi dalam frekuensi yang banyak, dampaknya akan terlihat cepat atau lambat pada tubuh.

Aneka Macam Bahan Pewarna Makanan Alami

Aneka Macam Bahan Pewarna Makanan Alami

Pencegahan dari pemakaian bahan pewarna pabrikan dapat dilakukan dengan membuat alternatif lain untuk pewarna alami. Padahal jika saja konsumen mau sedikit repot, pewarna untuk bahan makanan bisa dibut sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman. Berikut ini adalah bahan-bahan alami dari tumbuhan yang bisa dijadikan pewarna untuk kebutuhan sehari-hari:

1. Daun jati

Daun jati mengandung senyawa antosianin yang merupakan pigmen warna alami warna merah jika dalam kondisi asam. Sedangkan pada kondisi basa, antosianin akan berubah menjadi warna biru keunguan. Daun jati bisa digunakan sebagai pewarna pada gudeg yang memberikan warna merah kecokelatan karena senyawa antosianin terlepas dan larut dalam air panas.

2. Daun Pandan dan Daun Suji

Kedua daun tersebut mengandung klorofil yang memberikan warna hijau. Daun pandan dan suji lebih banyak digunakan untuk pewarna pada kue. Sebenarnya daun suji mempunyai warna hijau yang lebih kuat dibandingkan daun pandan. Namun, daun pandan unggul dalam menghasilkan aroma yang wangi. Jadi keduanya biasanya dipadukan untuk mendapatkan warna hijau sekaligus aroma yang wangi.

Cara untuk mendapatkan warna hijau dari daun suji yaitu dengan cara ditumbuk halus atau diblender kemudian diperas dan disaring sampai tidak mengandung ampas. Sedangkan untuk mendapatkan aroma wangi dari daun pandan cukup dengan diiris tipis atau dimasukkan dalam adonan saja.

3. Abu merang/arang kayu/arang bambu

Makanan berwarna hitam? Di Indonesia, jenis makanan tersebut biasanya kita temui di pasar tradisional seperti penjual yang menjajakan getuk atau dawet ireng. Warna hitam tersebut didapat dari abu merang yang berasal dari pembakaran merang (batang padi kering). Cara pemakaiannya pun mudah, abu merang cukup direndam dalam air. Diamkan hingga abunya mengendap dan airnya berubah hitam. Airnya inilah yang digunakan sebagai pewarna hitam pada makanan.

Trend makanan berwarna hitam sendiri bahkan merajai negara matahari terbit. Jepang merupakan negara yang kreatif, dengan jumlah lahan tanah yang terbatas tapi teknologi pertanian mereka sudah sangat maju. Teknologi pertanian yang maju tersebut berpengaruh dalam hal kreasi bahan makanan. Bayangkan saja jika melihat roti tapi warnanya hitam? Dalam benak kita jika melihat roti hitam pasti roti gagal karena gosong dan rasanya tentu nggak enak. Padahal roti hitam sedang populer di Jepang dan bayak dijual di toko-toko roti yang rasanya pun enak. Di Jepang, warna hitam diperoleh dari arang kayu atau dari arang bambu yang dikenal dengan black powder.

4. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang menyebabkan warnanya menjadi orange/jingga. Semakin tinggi kandungan beta karoten dalam wortel maka warnanya akan semakin orange/jingga. Cara mendapatkan warna orange/jingga dari wortel yaitu dengan menghaluskannya/blender lalu diperas untuk memisahkan ampasnya.

5. Bayam Hijau

Jika mengikuti trend gaya hidup sehat masa kini, green smoothies sangat populer sebagai minuman yang diyakini mengandung banyak gizi. Karena tidak hanya sayur yang dipakai tetapi juga menggunakan campuran buah sesuai dengan selera. Warnanya yang dominan hijau sehingga sering disebut dengan green smoothies. Selain untuk campuran smoothies, Bayam juga digunakan untuk pewarna makanan. Caranya sama dengan wortel yaitu diblender sampai halus kemudian diambil airnya untuk pewarna.

6. Kunyit

Bahan rempah satu ini sangat banyak dipakai untuk pewarna dalam masakan. Warnanya yang jingga menghasilkan kuning muda jika dicampur dalam masakan. Bisanya kunyit digunakan sebagai pewarna nasi kuning atau berbagai macam olahan kuah santan. Sebaiknya menggunakan bahan ini sedikit saja karena dapat mengubah rasa masakan.

7. Bunga telang

Bunga ini biasanya tumbuh di halaman dan warnanya yang biru memperindah taman di rumah. Siapa sangka bunga yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai pewarna alami? Cara mendaptkan warna biru dari Bunga Telang ini hanya dengan meremasnya dan direndam dalam air. Bisa digunakan sebagai pewarna dawet atau makanan lainnya. Di Malaysia, bunga Telang digunakan untuk membuat nasi kerabu sehingga warna nasi tersebut berwarna biru.

8. Bayam Merah

Selain bayam hijau yang bisa digunakan untuk pewarna makanan, bayam merah juga bisa memberikan warna merah pada makanan. Warna merah dalam bayam tergolong pekat mendekati warna darah. Kelemahan dari bayam merah adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan bayam hijau. Tidak semua pasar juga menyediakan pasokan bayam merah. Biasanya bayam merah ditemui pada supermarket atau toko sayur organik.

9. Kubis Ungu

Kubis jenis ini bisa menghasilkan warna ungu dengan cara direbus lalu diambil airnya sebagai pewarna. Sayangnya seperti bayam merah, kubis ungu jarang sekali ditemukan di pasar kecuali pasar sayur di daerah pegunungan yang menanam jenis sayur ini. Harganya pun dua kali lipat dari harga kubis biasa yang dijual di pasar.

Pewarna alami memang tidak sekuat pewarna pabrikan yang menghasilkan warna lebih mencolok. Warnanya lebih pucat dan terlihat kurang menarik. Tetapi jika dipikirkan lagi bahaya penggunakan bahan pewarna pabrikan, kenapa anda tidak mencoba membuat pewarna sendiri di rumah?


Artikel di cari :

kue yang tahan seminggu, menu makanan ulang tahun dewasa, cemilan kriuk yg bisa dijual, cemilan yang mudah dibuat untuk dijual, kue dari tepung beras yang digoreng, masakan yang cocok untuk ujian praktek, contoh presentasi bahasa inggris tentang makanan, usaha makanan ringan serba 1000, resep kulit cuncum, tips resep makanan ringan untuk dijual, resep makanan setengah jadi dari umbi an serealia, contoh pedaran bahasa sunda tentang makanan, cara menghias makanan untuk lomba, olahan jagung kering, olahan jagung manis terbaru, karangan eksposisi bahasa sunda tentang makanan, perenyah bakso, jajanan gorengan yang lagi ngetrend saat ini, resep makanan dari serealia beserta gambarnya, makanan dan minuman yang cocok untuk bazar, contoh makanan kecil yang dibakar, makanan ringan untuk pacar, cara membuat adonan basreng, resep makanan untuk praktek sekolah, resep makanan setengah jadi dari serealia dan umbi, cara membuat salote, Contoh makanan yang dikeringkan, makanan serealia dan cara membuatnya, contoh teks eksposisi bahasa jawa tentang makanan, makanan tahan lama untuk dijual

Aneka Macam Bahan Pewarna Makanan Alami | penulis artikel | 4.5